Seperti dikemukakan sebelumnya bahwa inti pendidikan
karakter bukanlah sekedar mengajarkan pengetahuan kepada peserta didik tentang
mana yang baik dan mana yang buruk. Namun lebih dari itu, pendidikan karakter
adalah proses menanamkan (internalisasi) nilai-nilai positif kepada peserta
didik melalui berbagai metode dan strategi yang tepat.
Dalam rangka
memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter, pemerintah sebenarnya telah
mengidentifikasi 18 nilai yang bersumber dari agama, budaya dan falsafah
bangsa, yaitu: (1) religious, (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja
keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokrasi, (9) rasa ingin tahu, (10)
semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12) menghargai prestasi, (13)
bersahabat/komikatif, (14) cinta damai, (15) gemar membaca, (16) peduli
lingkungan, (17) peduli sosial, dan (18) tanggung jawab.
Nilai-nilai
yang dikembangkan dalam pendidikan karakter tersebut jika dideskripsikan
sebagai berikut:
Deskripsi Nilai Pendidikan Karakter :
Nilai Deskripsi
1.
Religious
Sikap dan perilaku yang patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah
agama lain, dan hidup rukun dengan pemelik agama lain.
2.
Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan
dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan,
dan pekerjaaan.
3.
Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai
perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang
berbeda dari dirinya
4.
Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku yang
tertib dan patuh pada berbagai ketentuan para peraturan.
5.
Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6.
Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk
menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7.
Mandiri
Sikap dan prilaku yang tidak mudah
tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas.
8.
Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang
menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9.
Rasa Ingin
Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya
untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat,
dan didengar.
10.
Semangat Kebangsaan
Cara berfikir, bertindak, dan berwawasan
yang menempatkan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan diri dan
kelompoknya.
11.
Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang
menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa,
lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12.
Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya
untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui serta
menghormati keberhasilan orang lain.
13.
Bersahabat/Komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang
berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14.
Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang
menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15.
Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca
berbagai bacaan yang memberikan kebijakan bagi dirinya.
16.
Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya
mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan
upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17.
Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin member
bantuan kepada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18.
Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya dia lakukan terhadap diri
sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), Negara, dan Tuhan
Yang Maha Esa.
No comments:
Post a Comment